Selasa, 27 Oktober 2015

7 Peluang Bisnis Buat Mahasiswa yang Bermodal Minim


Assalamualaikum..

susu-family-semarang-contoh-bisnis-sukses
Bisnis yang baik adalah bisnis yang survive ;)

Sebagai mahasiswa, kadang-kadang pasti bosen kan sama rutinitas kuliah yang gitu-gitu aja? Apalagi sebagai anak muda, terkadang kita bingung mau dibawa kemana energi besar yang kita miliki ini. :p Masak hidup lo cuma mau dibuat bolak-balik kamar-kampus-kantin doang gan? :o

Nah, sebab itulah tak ada salahnya loh, mencoba keluar dan mencari kegiatan baru. Bisnis kecil-kecilan misalnya. ;) Ane nulis ini juga karena punya pengalaman perihal bisnis kecil-kecilan disini. :D Lumayan loh, selain menambah pengalaman, kita juga punya penghasilan yang lumayan dengan modal yang terbilang kecil. :x

Caranya, mencari inspirasi dengan melihat peluang dan memanfaatkan sesuatu yang agan punya dengan sebaik-baiknya. Alhamdulillah, dengan bisnis yang dulu ane mulai, sekarang udah diterusin sama keluarga. Alhasil, cita-cita ane untuk membuat orang tua tetap produktif di masa tua pun jadi ikut tercapai. :$ Dapet double win deh. :O

So, harapan ane semoga agan yang membaca ini juga bisa ikut terinspirasi dan menambah kemantapan agan sebagai mahasiswa untuk berbisnis. ;) So, cekidot..


Minuman Segar

contoh-bisnis-sukses


Ini bisnis yang udah ane selami dan amati beberapa tahun ini. Ternyata bisnis minuman memang yang paling praktis dan gampang balik modal loh gan. ;) Misalnya susu murni, limun, berbagai es macam es buah, es campur atau es oyen. Bahan-bahannya mudah didapat dan murah-murah kok gan. Tugas kita tinggal meraciknya dengan enak saja. :x

Untuk tempatnya, sobat bisa ambil tempat-tempat nomaden (tidak tetap) saja yang berpusat di keramaian. Misalnya jalan masuk kampus, Car Free Day atau jalan di taman kota. :) Tenang aja, semua tempat tersebut biasanya tidak ada pungutan kok. (kecuali pungutan liar :c ).

Servis Elektronik



Mahasiswa tidak pernah lepas dari laptop, presentasi, handphone dan Play Station (what!!!). :O Makanya gan, kita bisa memanfaatkan jasa servis bagi alat-alat elektronik tersebut saat rusak.

Eit, bagaimana bila kita tidak punya skill yang mumpuni di bidang tersebut? :f Tenang, buat relasi dengan anak teknik elektro :$ atau jasa servis yang murah di kota. Agan bisa bekerjasama dengan menjadi semacam 'makelar' yang mengorganisir pekerjaan servis. ;)

Persewaan Outdoor Gear

peluang-bisnis-mahasiswa


Mumpung masih mahasiswa, biasanya mereka akan memanfaatkan waktu senggangnya untuk berpetualang. Nah, kenapa hal tersebut nggak agan manfaatin juga untuk memulai bisnis? :x

Kalau dibilang pake modal sih, ya emang ada modalnya gan. Tapi agan bisa manfaatkan gear (peralatan) outdoor agan sendiri dan beberapa teman lain yang ingin bekerjasama lho.

Yang penting berani buka dan promosi dulu deh. Ane juga ada temen yang buka persewaan di Unnes. Modalnya cuma gear punya dia dan teman-teman pencinta outdoor lain. Lumayan, yang penting jalan dulu gan. Soal rezekinya biar Tuhan yang ngatur. Gitu aja. ;)

Reseller Barang-barang Wanita



Kalo ane bilang barang wanita agan jangan mikir yang aneh-aneh ya. :O Kenapa wanita? Sebab dilihat dari peluang bisnis, wanita memang lebih konsumtif dari pada pria soal belanja. (Ya jelas kalo itu. -_-) Alhasil, kita bisa memanfaatkannya sebagai peluang agar barang kita cepat laku. ;)

Bisa kerudung, baju, bawahan, aksesoris, tas, dll. Agan bisa jualan dimana aja loh. Lewat fisik kalau bisa atau lewat online juga bagus. Ambil barang juga harus yang murah-murah, misalnya di Ali Express atau di toko-toko grosir khusus . :D

Antar Jemput & Sewa Kendaraan



Kalo agan pinter nyetir mobil atau naik kendaraan, agan bisa memanfaatkannya dengan kerja serabutan sebagai tenaga antar jemput atau sopir. :O Ane juga sering dapet serabutan sebagai jasa ini dan lumayan loh. :O

Atau agan bisa memodifikasinya dengan delivery makanan ke tempat kos atau tempat-tempat yang ada wifinya. :D Yang penting usaha gan, jangan malu. Halal kok. ;)

Desain Grafis

peluang-bisnis-mahasiswa


Kalo bisnis yang ini, agan memang harus punya skill terlebih dahulu di bidang desain. Kalo udah punya, banyak banget loh peluang dari bisnis ini. Mulai dari kaos, presentasi, layout segala macam buku, buat brosur atau desain-desain lainnya.

Kadang ane juga sering diminta serabutan di jasa desain. :O Nih buktinya, waktu ane lagi banyak job dan sampe kebawa suasana, ane jadi bikin posting yang beginian >> Desain Ajaib <<. :O

Membudidayakan Hewan dan Tumbuhan



Untuk yang terakhir, rasanya inilah bisnis yang ane paling nggak ngerti dan nggak menguasai. :O Maklum gan, ane emang nggak bakat melihara-melihara gitu. (Kalo melihara anak orang ada bakat juga nggak ya) :O Tapi pokoknya ane denger ini juga bisnis yang menguntungkan buat mahasiswa. Entah itu berupa ikan hias, jamur tiram, semut atau yang lainnya. :D

Mungkin ada yang bisa jelasin ke ane dan berbagi pengalamannya di postingan ini? :) Kali aja bisa ane cantumin disini sebagai referensi. :D


Yeah. Akhirnya setelah baca postingan ini, agan udah punya bayangan mau bikin bisnis apa nih? ;) Atau malah udah berjalan? :f Ane doain semoga bisnisnya lancar dah ya. Aamiin. ;) Pokoknya apapun bisnis agan, komen aja deh dan sharing di komen box ya gan. :D

Thanks.. ;)

Baca Juga: Mau Bisnis Online Lebih Efektif? Ini Cara Promosi Lewat Instagram Artis

                 Fakta-fakta Orang Sukses yang Harus Kita Tiru


0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com