Jumat, 30 Oktober 2015

Tips Bisnis Cepat Balik Modal: Cafe dan Tempat Nongkrong


Assalamualaikum..

tips-bisnis-cepat-balik-modal-cafe-tempat-nongkrong
Berbisnis dengan modal yang terus berputar merupakan usaha yang membutuhkan keberanian. Apalagi bisnis yang menetap seperti cafe, tempat nongkrong atau kedai. ;) Kalo agan bisa mengelolanya dengan baik, dijamin, InsyaAllah, agan tidak akan rugi. :)

Menurut pengalaman ane menjadi konsultan bisnis, :O beberapa orang takut memulai usaha tempat nongkrong ini karena bermacam-macam sebabnya. Takut tempatnya tidak strategis, takut tidak ada orang yang datang, bahkan ada yang takut hanya karena tak sanggup menyewa tempat. :f

Wah, wah, wah, ketakutan-ketakutan macam itu justru malah membuat kita rugi loh gan. :(

Padahal usaha ini merupakan usaha yang cepat mendatangkan keuntungan walaupun harus sedikit sabar. Yang penting agan berusaha semampu agan agar lapak agan laku dan banyak orang datang. :D

So, inilah langkah-langkah dan tips dalam membangun usaha Cafe dan Tempat Nongkrong menurut pengalaman ane. Silahkan disimak... ;)

Pilih Tempat Padat Penduduk, Tetapi Harga Sewa Murah


Tempat yang strategis menjadi senjata utama bisnis ini gan. Tetapi bila agan merupakan pemula dalam membuka usaha ini, pilihlah tempat yang murah tetapi ada banyak orang disana. Misalnya, lingkungan kampus Unnes di Semarang atau lingkungan sekitar Pusat Perbelanjaan yang tak besar (Aneka Jaya atau Mall-mall kecil).

Tak usah menyewa tempat yang terlalu besar gan. Tempat 7x3 meter saja sudah cukup. Biasanya di tempat tersebut, penyewa hanya mematok harga sewa 10 juta dan maksimal 12 juta per tahun. Jadi harga sewa agan selama sebulan hanya 1 jutaan saja. Ini bukan uang sewa yang besar bila omzet agan mencukupi. ;)

Bentuk Tempat yang Nyaman (Untuk Perokok dan Bukan Perokok)

tips-peluang-bisnis-cafe-tempat-nongkrong


Tak bisa dipungkiri nongkrong itu identik dengan kopi, rokok dan ngobrol bagi para pria. So, bila agan ingin membuat bisnis tempat nongkrong yang ramai, bentuklah kenyamanan bagi kedua belah pihak. Misalnya sediakan Fan atau Exhaust Fan agar asap rokok tidak terbang-terbang ke kumpulan yang bukan perokok. ;)

Buka Sampai Larut Malam


Beberapa teman ane sering menanyakan dahulu jam tutup dari tempat nongkrong yang ingin kita sambangi. :f Ternyata kebanyakan orang juga begitu gan! So, kalo cafe agan dikatakan nyaman dan tutupnya masih lama, anak-anak nongkrong biasanya tak akan ragu untuk balik ke tempat agan lagi. :D

Suguhi Pelanggan dengan Menu yang Bisa Menemani Bersantai


Beberapa orang memang mempertanyakan kualitas menu dari cafe yang mereka kunjungi. Tapi itu nggak semuanya kok gan. Kebanyakan justru memilih menu yang simple, murah dan santai untuk menemani mereka ngobrol. ;)

So, kalo agan ingin menjaring semua jenis pelanggan, buat saja menu yang beragam. Yang pertama untuk tipe high-taste, lainnya untuk tipe-tipe pelanggan santai macam ane. :O

Fasilitas Nonton Bareng dan Sound Musik Jangan Sampai Ketinggalan


Musik ibarat fasilitas hiburan dan nonton bola merupakan hal yang dicari bagi penggemar Liga Inggris macam ane. :O Kalo lagi pengen nonton di luar, biasanya ane bakal cari Cafe yang nyaman untuk berjam-jam nonton Bola. So, kenapa moment ini nggak dimanfaatkan saja oleh agan? ;)

Ingin Lebih Ramai? Pasang WiFi!


Simple but effective. ;) Ini senjata bagi tempat-tempat nongkrong baru di zaman sekarang gan. Agan bisa kalah nama kalo nanti nggak ikut masang WiFi. :D

Harga Bersahabat (dengan kantong pelanggan dan kantong agan :O )


Jangan sampai masalah keuangan menjadi ketakutan baru bagi agan. Efeknya bisa 2, agan membawa harga menu terlalu mahal sebab takut rugi, atau agan membawa harga menu yang terlalu murah sebab takut kemahalan. :O

So, seperti tadi yang ane bilang di atas, mendingan agan klasifikasikan jenis menu saja. Harga mahal dan murah, agar bisa dijangkau segala kalangan. ;)

Mulai Hitung-hitungan!


Ane cuma bisa membantu agan dengan hitungan kasar. Tetapi InsyaAllah bisa membantu gambaran bagaimana agan menjalankan bisnis. ;)

Untuk pengeluaran dalam sebulan, katakanlah agan sendirian dan mempunyai segala fasilitas Cafe yang ane sebutkan diatas:

Sewa tempat:               Rp. 1.000.000
Listrik:                         Rp.    300.000
Wifi:                            Rp.    300.000
Bahan Pokok:             Rp.  1.000.000
Total                                  2.600.000

Nah, sekarang hitung pemasukan sebulan secara kasar: :D

Katakanlah target ada 50 orang yang mengunjungi tempat agan setiap hari. Apa mungkin terlampaui? Tentu saja! Animo orang yang nongkrong itu pasti keroyokan gan. :O Jadi tenang aja, pasti minimal segitu walaupun baru buka atau katakanlah masih baru. :D

Bila setiap menu yang mereka pesan, agan berikan rata-rata laba Rp. 3000 saja. Maka 3000 x 50 orang x 30 hari = maka keuntungan dari menu saja sudah Rp. 4.500.000,- ;)

So, dari hitungan kasar saja dalam sebulan agan bisa mengumpulkan Rp. 1.900.000,- :L Itupun belum dari keuntungan lainnya. Misalnya penjualan rokok dan parkir yang untungnya juga lumayan. ;)

So, beranikan diri agan untuk membuka bisnis cafe dan tempat nongkrong ini. InsyaAllah balik modalnya cepat dan keuntungannya besar. :) ;)


Baca Juga: Hasilkan Uang dari 6 Jenis Bisnis Online Ini dalam Waktu 1 Jam Saja!

                 Tips Bisnis Kos-kosan Modal Minim (Masih Murah!) di Unnes


0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com